19 August 2022

Manfaat Minum Susu UHT dan Waktu Terbaik Mengkonsumsinya

Bagikan Artikel:

Tahukah ibu manfaat minum susu UHT sangat bagus untuk pertumbuhan dan perkembangan si Kecil? Susu UHT adalah jenis minuman yang cocok dikonsumsi sebelum dan sesudah anak melakukan kegiatan seharian di sekolah. Manfaat susu UHT untuk kesehatan, salah satunya bisa mengembalikan energi kamu dalam sekejap. Hal ini karena minuman berenergi tersebut kaya akan nutrisi.

Kalori susu UHT coklat MILO misalnya memiliki 120 kkal dalam setiap kotaknya. Setidaknya, anak tidak kelelahan lagi setelah mengkonsumsinya dan rasa lezatnya membuat ia merasa lebih rileks.

Apa Itu Susu UHT?

Bagi Ibu yang belum paham, susu UHT adalah jenis minuman yang sudah diproses melalui teknologi canggih. Jadi, susu sapi dipanaskan dengan temperatur sangat tinggi dalam waktu singkat. Metode pemanasan susu sapi ini disebut Ultra High Temperature. Dari situlah, nama UHT berasal.

Susu UHT sebenarnya sama seperti susu lain yang dijual di toko. Hanya saja susu UHT telah mengalami proses sterilisasi dan pengemasan yang khusus agar bisa bertahan lama.

Susu UHT melalui proses pengolahan dengan suhu yang sangat tinggi bertujuan untuk membunuh bakteri dan mikroba lainnya. Ini membuat daya simpannya lebih lama. Susu kemudian dikemas dalam wadah yang disterilkan, juga dikenal sebagai kemasan aseptik, untuk membantu menjaga kesegaran susu lebih lama. Hasil proses ini, susu UHT dapat disimpan tanpa lemari es selama sekitar tiga bulan. Jika kemasannya belum dibuka, susu UHT bisa tahan hingga  bulan. Namun saat kemasan sudah terbuka, susu UHT hanya bertahan hingga 3-4 hari.

Manfaat Minum Susu UHT untuk Anak

Manfaat minum susu UHT sangat penting untuk perkembangan dan pertumbuhan anak, terutama untuk anak yang aktif melakukan kegiatan fisik secara rutin. Berikut beberapa keuntungannya yang perlu Ibu ketahui:

1. Mendukung dan Menjaga Kesehatan Tulang dan Gigi

Susu UHT coklat MILO memiliki 25% kandungan kalsium. Jumlah ini dapat menjadi pelengkap kebutuhan kalsium harian anak, lho. Lalu, mengapa mineral ini dibutuhkan anak? Pastinya, kalsium dibutuhkan untuk pertumbuhan tulang dan gigi. Ingat Ibu, anak usia sekolah  masih dalam masa pertumbuhan.

Sayangnya kesehatan tulang dan gigi bisa terhambat bila kebutuhan kalsium tidak terpenuhi. Ini disebabkan tubuh akan mengambil cadangan kalsium dalam tulang. Akibatnya, tulang jadi lebih rapuh dan mudah patah. Tentunya, Ibu tak mau ini terjadi, kan.

Ibu juga harus tahu untuk menyerap kalsium, tubuh anak memerlukan vitamin D. Nah, susu siap saji MILO ini ternyata memiliki kandungan vitamin D sebanyak 25%. Pas sekali untuk melengkapi kebutuhan nutrisi anak. Jangan lewatkan minum MILO UHT untuk jaga kekuatan tulangmu.

2. Penunjang Tumbuh Kembang Anak

Untuk tumbuh, anak memerlukan makanan dan minuman kaya nutrisi. Salah satu gizi yang dibutuhkan sebagai penunjang tumbuh kembang anak adalah protein. Ketika anak memasuki rentang usia 5-15 tahun, protein sangat dibutuhkan untuk beberapa hal. Misalnya, pertumbuhan fisik seperti pertambahan tinggi dan berat badan, kecerdasan kognitif, dan juga perkembangan kepribadian.

Mengapa protein punya peranan penting untuk pertumbuhan anak? Jawabannya adalah karena setiap hari ada saja jaringan sel tubuh yang rusak.

Jika dibiarkan, sel-sel rusak ini bisa menghambat pertumbuhan. Untuk regenerasinya, tubuh memerlukan protein. Dalam sekotak susu UHT MILO, terdapat 3 gram protein.

3. Sebagai Sumber Energi

Seperti yang dikatakan sebelumnya, susu UHT coklat bisa mengembalikan energi yang dibutuhkan anak dalam sekejap. Kalau kebutuhan kalori anak tidak tercukup, ia akan terlihat loyo, tidak bersemangat, dan juga sulit untuk konsentrasi. Itu sebabnya, anak memerlukan minuman berenergi tersebut.

Selain praktis, energi dalam susu tersebut dapat memulihkan otot-otot yang kaku setelah berolahraga. Jadi anak tidak mudah merasa pegal dan mengurangi risiko cedera otot serta sendi.

4. Membantu Perkembangan Otak

Karena energi yang dibutuhkan cukup, anak jadi dapat meningkatkan performa akademis. Ia akan bersemangat mengikuti semua kelas pelajaran yang ada. Anak pun juga lebih mudah mencerna pelajaran.

Selain itu, zat besi yang terkandung di dalam susu UHT juga membuat peredaran darah, oksigen, dan nutrisi ke seluruh tubuh lancar. Dampaknya, anak jadi tidak mudah lelah dan bisa berkonsentrasi.

5. Bertugas Membantu Penyerapan Vitamin

Susu UHT MILO juga memiliki banyak protein. Misalnya, vitamin B2, B3, B6, B12, dan juga D. Semua mikronutrien ini diperlukan untuk aktivitas harian anak. Lalu untuk menyerap semua vitamin ini, minuman berenergi tersebut memiliki kandungan lemak baik yang tinggi. Semakin maksimal seluruh vitamin tersebut terserap.

Waktu Terbaik untuk Minum Susu UHT

Sama seperti susu sapi biasa, kandungan nutrisi susu UHT juga tinggi. Susu UHT (disebut juga susu umur panjang) memiliki sejumlah nutrisi penting yang dibutuhkan untuk tumbuh kembang balita, antara lain kalsium, fosfor, kalium, riboflavin, zinc, vitamin A dan B12, magnesium, karbohidrat, dan protein. Karena kandungan gizinya yang tinggi, ibu bisa memberikannya kepada si Kecil untuk mendorong masa pertumbuhan mereka.

Manfaat minum susu UHT akan didapatkan anak secara maksimal jika dikonsumsi di waktu yang tepat. Susu UHT boleh diperkenalkan pada Si Kecil saat ia berusia 6 bulan. Namun, ibu tidak boleh menjadikan susu UHT sebagai pengganti ASI atau minuman utama. Selain itu, susu UHT hanya boleh diberikan dalam jumlah kecil dan melalui proses dimasak terlebih dahulu. Susu UHT sebaiknya diberikan ketika usia Si Kecil telah menginjak satu tahun.

Untuk anak berusia 2 tahun, Ibu bisa memberikan si kecil susu UHT setelah dia makan. Sebab, memberinya sebelum waktu makan tiba akan membuat mereka kenyang lebih dahulu sehingga nafsu makan berkurang. Ibu juga bisa memberikan si kecil susu UHT setelah sarapan. Mengonsumsi susu UHT setiap hari membantu memenuhi kebutuhan nutrisi harian.

Studi menunjukkan bahwa mereka yang rutin minum susu UHT setiap hari untuk sarapan pagi mendapatkan lebih banyak nutrisi penting. Ketika dipadukan dengan menu sarapan yang bergizi, kandungan nutrisi susu UHT akan memberikan peningkatan energi dan untuk kesehatan tubuh jangka panjang.

Pastikan anak tetap sehat selama beraktivitas dan lengkapi kebutuhan energi dan nutrisinya dengan memberikan MILO UHT. Minuman coklat berenergi ini memiliki kandungan susu, coklat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Susu UHT coklat MILO juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif. Jadi jangan sampai ketinggalan manfaat minum susu UHT dengan konsumsi MILO UHT ya, Bu!

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Teknik Latihan Meningkatkan Kecepatan Lari Aktivitas
Teknik Latihan untuk Meningkatkan Kecepatan Lari: Maksimalkan Potensi!

Lari merupakan salah satu bentuk olahraga yang tidak hanya baik untuk kesehatan fisik, tetapi juga baik untuk menjaga suasana hati atau kesehatan

Jenis jenis senam aerobik Aktivitas
Buat Tubuh Jadi Bugar Ini 5 Jenis Senam Aerobik untuk Anak!

Salah satu cara mengajak anak untuk hidup bugar adalah dengan melakukan senam aerobik. Senam ini terbilang fun buat anak-anak yang melibatkan

Manfaat Intensitas Latihan Aktivitas
Meningkatkan Intensitas Latihan: Cara Maksimalkan Hasil dengan Pendekatan yang Tepat

Mengenalkan pentingnya intensitas latihan pada anak adalah salah satu hal yang perlu Ibu lakukan untuk meningkatkan motivasi anak. Ini karena

Cara Mengatur Pernapasan Saat Lari Aktivitas
Cara Mengatur Pernapasan Saat Berlari yang Perlu Diketahui

Anak Ibu hobi olahraga? Banyak hal yang perlu didukung karena banyak manfaat kesehatan yang didapatkan saat anak rutin latihan lari.Namun, bagi banyak

manfaat kerja keras Aktivitas
Manfaat Nyata dari Kerja Keras: Bagaimana Dedikasi Membawa Kesuksesan

Karakter kerja keras adalah karakter yang penting untuk ditanamkan sejak dini pada anak. Kenapa? Itu karena manfaat kerja keras akan membentuk pribadi

makanan bergizi seimbang Aktivitas
Mengatur Pola Makan yang Bergizi Seimbang untuk Anak Usia Sekolah

Ibu perlu memastikan anak-anak selalu mengonsumsi makanan bergizi seimbang setiap hari untuk memenuhi kebutuhan nutrisi hariannya. Kenapa makanan

susu tinggi kalsium Aktivitas
Optimalkan Kesehatan Tulang dengan Susu Tinggi Kalsium: Pentingnya Konsumsi Rutin

Ibu pasti tahu kalau susu adalah salah satu sumber nutrisi penting untuk membantu mendukung tumbuh kembang anak secara optimal. Tapi tidak semua jenis

makanan penambah stamina Aktivitas
Energi Tahan Lama: Makanan Penambah Stamina untuk Aktivitas Sehari-hari

Stamina yang cukup adalah kunci untuk menjalani aktivitas sehari-hari. Hal ini juga sangat penting bagi anak-anak dan remaja karena stamina tubuh yang

peraturan bulutangkis Aktivitas
Mengenal Peraturan Bulutangkis Dasar dasar yang Perlu Diketahui

Semua pasti setuju kalau bulutangkis atau badminton adalah salah satu cabang olahraga favorit di dunia, termasuk di Indonesia. Ini karena daya tarik

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.