23 February 2022

4 Manfaat Minum Susu untuk Aktivitas Anak

Bagikan Artikel:

Ibu ingin anak aktif pada masa pertumbuhan? Tentunya, untuk mencapai itu, anak memerlukan dukungan Ibu. Salah satunya dengan cara memperhatikan asupan nutrisi hariannya. Gizi anak ini bisa didapatkan dari makanan sehat. Namun, kalau Ibu merasa tidak cukup dari sajian makanan, susu bisa jadi pelengkap nutrisi. Selain itu, manfaat minum susu untuk anak juga banyak, lho.

Biasanya, kandungan susu anak kaya akan Kalsium. Itu sebabnya, sering kali minuman ini dikaitkan dengan kesehatan tulang. Kalsium dalam susu bermanfaat untuk pertumbuhan anak. Nah, Ibu ingin tahu detail manfaat minum susu terutama yang terkait dengan Kalsium? Coba cek berikut daftarnya ini.

 

1. Menjaga Kekuatan Tulang dan Gigi

Tahukah Ibu bahwa tulang dan gigi anak menyimpan banyak Kalsium? Nah, Kalsium yang sudah ada dalam tubuh ini digunakan tulang untuk tumbuh dan berkembang. Semakin bertambahnya usia, tulang pun akan tumbuh.

Selain itu, tak cuma tulang dan gigi yang membutuhkan nutrisi yang satu ini. Beberapa organ tubuh juga membutuhkan Kalsium untuk memperlancar pekerjaannya. Di sinilah manfaat minum susu dibutuhkan. Setiap harinya, anak memerlukan paling tidak 1.000 mg Kalsium untuk anak usia 4-8 tahun (2-3 penyajian) serta 1.300 mg Kalsium untuk anak usia 9-18 tahun (4 kali penyajian). Bila kebutuhan akan gizi anak ini bisa dipenuhi Ibu, kepadatan tulang dan gigi pun akan terjaga.

 

2. Membantu Kinerja Otak

Tak cuma berfungsi untuk menjaga kekuatan tulang dan gigi, Kalsium juga bisa membantu kinerja otak. Perlu Ibu ketahui, nutrisi yang satu ini bertugas membantu pengiriman sinyal dari otak ke organ-organ tubuh lainnya. Termasuk membantu menyampaikan informasi baru ke otak.

BIla kekurangan Kalsium, anak bisa jadi telat memberikan respon terhadap suatu hal yang terjadi di sekitarnya. Bahkan, bisa mengalami kesulitan menangkap informasi dari guru ketika belajar di sekolah. Akibatnya nilai akademis pun menurun atau tidak begitu baik.

Selain itu, Kalsium juga ternyata sebagai obat penenang alami dan pengurang rasa sakit. Cocok banget nih, kalau Ibu memberikan susu kaya Kalsium ke anak sebelum melakukan ujian. Ini membuat anak cenderung lebih rileks untuk menghadapi tes tersebut.

 

3. Memelihara Kestabilan Tekanan Darah

Menurut Cochrane Database of Systematic Reviews, Kalsium dapat menyeimbangkan tekanan darah pada pria dan wanita. Namun, harus diberikan sesuai dengan kebutuhan hariannya, yakni sekitar 1.000-1.300 mg Kalsium untuk usia anak-anak.

Ibu perlu pahami, jenis mineral yang satu ini dapat membuat pembuluh darah jadi lebih lentur. Artinya, pembuluh darah jadi lebih relaks saat asupan Kalsium terpenuhi. Nah, hal inilah yang membuat tekanan darah anak menjadi lebih stabil.

Untuk itu, pastikan mendapatkan manfaat minum susu yang satu ini. Ini supaya anak bisa bebas beraktivitas seharian tanpa rasa lemas.

 

4. Mengontrol Kerja Otot

Tahukah Ibu kalau Kalsium pada susu juga dapat mengontrol kontraksi otot? Salah satunya adalah otot jantung. Bagaimana bisa? Cara kerjanya seperti ini. Ingat, kan, Kalsium dapat membantu otak mengantarkan sinyal. Nah, selain organ tubuh, sinyal tersebut juga sampai ke sejumlah otot. Saat saraf merangsang otot, mineral ini pun dilepaskan.

Kondisi ini membuat protein yang ada dalam otot berkontraksi. Setelah proses tersebut selesai, otot pun kembali istirahat. Kalsium pun dipompa keluar dari otot. Selain itu, mineral ini memiliki kemampuan mengendurkan otot polos yang mengelilingi pembuluh darah.

 

Ternyata, banyak sekali bukan manfaat susu yang kaya Kalsium. Nah, Ibu juga jangan lupa anak memerlukan nutrisi lain selain Kalsium. Ada baiknya mulai sekarang memberikan anak produk minuman coklat yang dilengkapi susu seperti MILO 3in1. Minuman yang terbuat dari 2x ekstrak malt, susu, dan coklat ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta Kalsium, Fosfor, dan Zat Besi. Ini dibutuhkan untuk memberikan 100% energi pada anak aktif.

Bagaimana, Ibu? Sekarang sudah tahu manfaat minum susu untuk anak, kan. Yuk, jangan ragu melengkapi kebutuhan energi anak agar pertumbuhannya optimal!

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Manfaat vitamin A untuk kesehatan mata Aktivitas
Selain Baik untuk Kesehatan Mata, Ini Manfaat Lain dari Vitamin A!

Ibu tampaknya sudah banyak tahu soal manfaat vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, baik untuk orang dewasa dan juga anak. Namun, selain untuk indera

menu makanan sehat Aktivitas
Menu Makan Sehat untuk Remaja Usia Sekolah. Sudah Tahu?

Penting bagi Ibu yang memiliki anak remaja usia sekolah (10-18 tahun) untuk memberikan asupan nutrisi seimbang dengan menu makanan sehat untuk

Makanan antioksidan tinggi Aktivitas
Makanan Antioksidan Tinggi yang Baik untuk Dikonsumsi Pada Pagi Hari

Saat melakukan aktivitas sehari-hari, anak-anak rentan terpapar radikal bebas. Apa bahayanya? Hal tersebut ternyata bisa menyebabkan kerusakan sel

Makan dulu atau olahraga dulu Aktivitas
Lebih Baik Makan Dulu atau Olahraga Dulu? Ini Penjelasannya

Nutrisi yang tepat adalah hal yang penting saat berolahraga. Tetapi, banyak orang seringkali bingung soal nutrisi saat berolahraga. Baik jenis

Susu yang bisa menambah tinggi badan Aktivitas
Cek Nutrisi Penting Susu yang Bisa Menambah Tinggi Badan

Indikator penting dalam tumbuh kembang anak ada dua, yakni berat badan dan tinggi badan.Tenaga kesehatan biasanya mengukur pertumbuhan si kecil dengan

Macam macam makanan yang mengandung kalsium Aktivitas
Macam-macam Makanan yang Mengandung Kalsium dan Baik untuk Bantu Penuhi Energi

Ibu perlu tahu bahwa kebutuhan makanan yang mengandung kalsium pada anak adalah hal yang penting. Ini karena kalsium adalah salah satu mineral yang

Manfaat vitamin C untuk tubuh Aktivitas
Ketahui 10 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh Berikut Ini

Manfaat vitamin C bagi kesehatan tentu sudah tidak diragukan lagi. Itu sebabnya Ibu perlu memastikan makanan yang dikonsumsi anak tiap harinya

Kecerdasan intelektual pada anak Aktivitas
Hal-hal yang Mempengaruhi Kecerdasan Intelektual Pada Anak

Ibu perlu tahu kalau kecerdasan intelektual anak tidak hanya cuma oleh faktor keturunan (genetik), tapi juga faktor lingkungan ikut mempengaruhi. Itu

Cara meningkatkan imun tubuh Aktivitas
Cara Meningkatkan Imun Tubuh Bagi Kamu yang Aktif Berkegiatan

Saat sedang sibuk beraktivitas atau pergantian musim, seringkali tubuh kita jadi lebih mudah sakit. Itu sebabnya Ibu juga perlu mengedukasi anak

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.