Tetap Berenergi Saat Anak Puasa dengan Asupan Vitamin B Kompleks

Setiap Ibu tentu ingin melihat anaknya selalu sehat dan berenergi, termasuk bulan puasa. Nah, pemenuhan asupan Vitamin B Kompleks merupakan salah satu kunci utama dalam meningkatkan energi anak saat beraktivitas. Mulai dari belajar, bermain, beribadah, hingga berolahraga. Jadi, ia bisa tetap aktif saat berpuasa.

Menurut jurnal penelitian yang dilansir oleh NCBI, Pusat Nasional untuk Informasi Bioteknologi asal Amerika Serikat, Vitamin B Kompleks juga turut menjaga fungsi otak dan jaringan tubuh. Itu sebabnya, Vitamin B Kompleks tidak hanya meningkatkan energi, tapi juga menjaga daya tahan tubuh anak agar tidak gampang sakit.

Lantas, apa saja makanan yang bisa Ibu berikan untuk memenuhi kebutuhan Vitamin B Kompleks anak? Berikut beberapa di antaranya, Bu!

1. Telur

Satu butir telur berukuran besar dapat mencukupi sekitar 33% Angka Kecukupan Gizi (AKG) harian anak terhadap kebutuhan Vitamin B7 atau Biotin. Biotin berfungsi mengelola Karbohidrat dan Lemak menjadi energi. Itu sebabnya, telur merupakan menu sahur yang ideal untuk meningkatkan energi anak di bulan puasa.

Selain kaya Vitamin B7, telur juga mengandung Vitamin B Kompleks penting lainnya yang dapat mencukupi kebutuhan gizi harian anak, seperti:

  • Vitamin B2 atau Ribovalin: mencukupi 15% dari AKG harian.
  • Vitamin B5 atau Asam Pantotenat: mencukupi 7% dari AKG harian.
  • Vitamin B7 atau Biotin: mencukupi 33% dari AKG harian.
  • Vitamin B9 atau Asam Folat: mencukupi 5% dari AKG harian.
  • Vitamin B12 atau Cobalamin: mencukupi 9% dari AKG harian.

2. Daging Ayam 

Selain kaya Protein, daging ayam juga merupakan sumber Vitamin B Kompleks untuk anak yang sangat baik. Faktanya, satu porsi dada ayam dapat mencukupi 69% AKG harian anak terhadap Vitamin B3 atau Niacin yang berfungsi mengoptimalkan kerja sistem saraf anak. Jadi, ia lebih mudah berkonsentrasi, daya tahan tubuh terjaga, dan tidak gampang lelah saat beraktivitas.

Adapun sumber Vitamin B Kompleks lainnya yang terkandung dalam daging ayam, seperti:

  • Vitamin B2 atau Ribovalin: mencukupi 7% AKG harian anak.
  • Vitamin B3 atau Niacin: mencukupi 69% AKG harian anak.
  • Vitamin B5 atau Asam Pantotenat: mencukupi 10% AKG harian anak.
  • Vitamin B6 atau Pyridoxine: mencukupi 30% AKG harian anak.
  • Vitamin B12 atau Cobalamin: mencukupi 6% AKG harian anak.

3. Yoghurt

Sebagai hidangan penutup saat sahur dan berbuka puasa, Ibu bisa hidangkan yoghurt. Yoghurt memiliki dua kandungan penting dari Vitamin B Kompleks untuk anak, yaitu B2 dan B12. Keduanya memiliki kesamaan fungsi, yaitu membantu produksi sel darah merah dalam tubuh.

Sel darah merah berperan penting mengantarkan sari makanan ke seluruh sel tubuh. Jika produksi sel darah merah tidak berjalan dengan baik, anak akan merasa lemas dan pusing. Berikut ini kandungan B2 dan B12 dalam yoghurt:

  • Vitamin B2 atau Ribovalin: mencukupi 18% dari AKG harian anak.
  • Vitamin B12 atau Cobalamin: mencukupi 26% dari AKG harian anak.

Baca Juga: Tinggi Vitamin B Kompleks, Ini Alasan MILO Baik untuk Lengkapi Sarapan Anak

4. Susu

Ada banyak sekali manfaat susu bagi kesehatan anak. Salah satunya adalah sumber energi yang baik saat berpuasa. Susu mengandung Vitamin B Kompleks untuk anak yang lengkap, Bu. Sebagai rekomendasi, Ibu juga dapat memberikan MILO 3in1 yang kaya akan Vitamin B2, B3, B5, B6, dan B12.

Berikut ini kandungan Vitamin B Kompleks yang terkandung dalam susu:

  • Vitamin B2 atau Ribovalin: mencukupi 26% dari AKG harian.
  • Vitamin B5 atau Asam Pantotenat: mencukupi 9% dari AKG harian.
  • Vitamin B6 atau Pyridoxine: mencukup 23% dari AKG harian.
  • Vitamin B12 atau Cobalamin: mencukupi 18% dari AKG harian.

Jadi, sudah siap mendukung anak tetap aktif dan berenergi selama berpuasa? Untuk melengkapi kebutuhan energi dan nutrisi anak, berikan ia MILO 3in1 di waktu sahur dan berbuka. Selain kaya Vitamin B Kompleks, MILO 3in1 juga mengandung Protein, Kalsium, Vitamin C, Vitamin D, serta tinggi Zat Besi. Dengan begitu, Sang Juara dapat tetap aktif menjalani harinya, meski sedang berpuasa!

 

 

ARTIKEL LAINNYA