Manfaat Vitamin B Complex untuk Anak Usia Sekolah

Asupan Vitamin B pun menjadi salah satu nutrisi penting yang dapat membantu anak lebih berenergi menjalani harinya. Oleh karena itu, sangat dianjurkan untuk memberikan Vitamin B Complex dalam menu makanan dan minuman sehari-hari anak.

Sebagai informasi, Vitamin B Complex adalah kumpulan jenis Vitamin B yang dapat larut dalam air. Selain membantu menambah energi anak, Vitamin ini juga memiliki manfaat lainnya. Berikut penjelasannya, Bu!

1. Manfaat Vitamin B2

Vitamin B2 atau Riboflavin bermanfaat untuk perkembangan jaringan tubuh, produksi sel darah merah, dan membantu pelepasan energi dari Protein. Jadi, energi anak selama belajar maupun bermain di sekolah dikeluarkan dengan optimal, Bu.

Manfaat Vitamin B Complex ini juga mendukung fungsi sistem saraf, kulit, dan mata anak. Anak pun lebih mudah beraktivitas di sekolah karena indra penglihatannya bekerja optimal dan gerak tubuhnya terkontrol dengan baik. Oleh sebab itu, pastikan Ibu memenuhi kebutuhan Vitamin B2 anak sebanyak 0,6-0,9 mg setiap hari, yang bisa diperoleh dari telur, daging sapi, roti, sayuran, dan susu.  

2. Manfaat Vitamin B3

Manfaat Vitamin B Complex selanjutnya adalah B3 atau Niacin yang memiliki fungsi penting dalam menjaga sistem saraf. Dengan sistem saraf yang terpelihara dengan baik, anak lebih mudah mengontrol gerak tubuh ketika aktif bergerak di jam istirahat, hingga mampu berkomunikasi dengan baik kepada teman dan gurunya.

Kebutuhan Niacin anak usia sekolah lebih besar ketimbang B2, yaitu 8-12 mg setiap harinya. Asupan yang tinggi akan Vitamin B3 meliputi produk susu, nasi, telur, roti, ikan, daging tanpa lemak, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

3. Manfaat Vitamin B6

Vitamin B6 ini juga tidak kalah penting dibandingkan manfaat Vitamin B Complex lainnya, Bu. Vitamin B6 atau Pyridoxine berfungsi menambah energi, mengoptimalkan metabolisme, hingga menguatkan fungsi otak. Asupan Vitamin B6 yang tercukupi dapat membantu anak lebih fokus belajar, juga berenergi saat berolahraga di jam istirahat maupun sepulang sekolah.

Anak 7-12 tahun yang sedang aktif-aktifnya bergerak membutuhan 0,6 mg hingga 1 mg Vitamin B6 setiap harinya. Sang Juara dapatkan dengan konsumsi susu, hati ayam, daging, telur, ikan, kacang-kacangan, alpukat, pisang, wortel, bayam, dan keju.

Baca Juga: Kenali Tanda Kekurangan Vitamin B Pada Anak Berikut!

4. Manfaat Vitamin B12

Manfaat Vitamin B Complex terakhir adalah Vitamin B12 atau Cobalamin, yang membantu menguatkan tulang, meningkatkan mood, hingga mempertajam memori. Dengan memenuhi kebutuhan Vitamin B12, pertumbuhan anak lebih optimal, ingatannya pun lebih kuat untuk mengingat pelajaran maupun strategi pertandingan olahraga.

Ibu bisa memenuhi kebutuhan Vitamin B12 anak dengan memberikan daging sapi, daging ayam, ikan, sereal, telur dan susu. Sementara untuk kebutuhan Vitamin B12 yang ideal untuk anak usia 7-12 tahun adalah 1,2 mcg hingga 1,8 mcg per hari.

Itulah manfaat Vitamin B Complex yang dapat menunjang tumbuh kembang anak, Bu. Selain dari tiap makanan yang telah disebutkan di atas, Ibu juga dapat memberikan MILO kepada anak untuk mendapatkan manfaat Vitamin B Complex.

Tak hanya mengandung Vitamin B2, B3, B6, dan B12, MILO juga diperkaya Protein, Kalsium, juga tinggi Zat Besi. Dengan ekstrak malt dan rasa cokelat yang lezat, MILO bisa menjadi pelengkap asupan nutrisi anak dan bantu ia mendapatkan energi untuk raih lebih.