16 November 2022

5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak yang Sederhana

Bagikan Artikel:

Kepercayaan diri ternyata menjadi bagian penting bagi tahap perkembangan anak. Melalui sikap tersebut, anak dapat eksplorasi hal baru. Namun, bagaimana cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak?

Sebenarnya, kepercayaan diri harus mulai diperkenalkan dan diasah ketika anak masih berusia balita. Pelajaran mengenai hal tersebut berawal dari keluarga. Orang tua hanya perlu menstimulasinya saja. Namun terkadang, hal ini luput dari pengamatan ayah dan ibu. Alhasil, anak belum mendapatkan pede saat sudah mulai usia sekolah.

Padahal, pada usia sekolah, kepercayaan diri sangat diperlukan untuk dapat mengikuti. proses belajar-mengajar, beradaptasi dengan lingkungan baru, dan juga bersosialisasi dengan teman sebaya.

Baca Juga: 4 CARA UNTUK BANTU ANAK PERCAYA DIRI DENGAN OLAHRAGA

Umumnya, anak yang percaya diri yakin terhadap kemampuannya. Jadi, ia tidak akan ragu untuk maju ke depan kelas ketika diminta guru mengerjakan soal di papan tulis. Lalu, bagaimana cara meningkatkan percaya diri pada anak SD?

Anak yang kekurangan keyakinan diri ini biasanya selalu berpikir ,”apakah aku bisa melakukannya atau sudah baik melakukannya.” Sedangkan anak yang percaya diri percaya kalau dia dapat melakukan tugas yang diberikan.

Berdasarkan jurnal yang ditulis Profesor dari Western Kentucky University, Amerika Serikat pada 2014, hubungan yang baik antara anak dan orang tua sebenarnya bisa mencegah munculnya rasa khawatir pada anak. Orang tua yang sering menanyakan kabar dan juga memperlihatkan kasih sayangnya dapat mengurangi hal negatif dari rasa tidak percaya diri. Sebenarnya, hal ini merupakan hal paling awal yang bisa dilakukan sebagai cara menumbuhkan percaya diri pada anak.

Ibu mau tahu cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak lainnya? Berikut ini beberapa hal yang bisa Ibu lakukan sejak dini.

1. Memberikan Pekerjaan Rumah

Hal yang pertama ibu lakukan sebagai cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak adalah menunjukkan kepercayaan. Ibu bisa memberikan anak pekerjaan rumah tangga khusus yang tentunya bisa ia lakukan. Misalnya, anak setiap hari bertugas membereskan tempat tidur dan membersihkan kamar tidurnya.

Bisa juga setiap weekend, anak bertugas menyiram tanaman di halaman atau membantu Ibu memasak. Dengan demikian, anak merasa dirinya diakui kemampuannya. Selain itu, ia merasa bangga kepada orang tua karena bisa menunjukkan keterampilannya.

2. Memperbolehkan Anak Mengambil Keputusan

Cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak adalah Ibu harus mau mendengarkan pendapatnya. Pastinya, anak memiliki keinginan atau imajinasi terhadap suatu hal. Nah, biarkan ia menceritakan pendapatnya pada Ibu. Misalnya, Ibu memberikan keleluasaan anak memilih cat warna dan dekorasi kamarnya sendiri

Baca Juga: 5 CARA MENINGKATKAN PERCAYA DIRI ANAK YANG AMPUH

Tahukah kamu hal ini membuat anak merasa bisa mengeksplorasi lebih kemampuannya. Anak pun tahu kedua orang tuanya akan mendengarkan hal-hal yang diinginkannya. Ibu bisa mengajaknya diskusi sambil memperlihatkan contoh-contoh dekorasi kamar yang unik. Pastinya, ia akan senang sekali.

3. Memancing Rasa Ingin Tahu

Ibu ingat kata pepatah, “malu bertanya sesat di jalan.” Umumnya, anak yang tidak memiliki kepercayaan diri akan malu bertanya. Tentunya, hal ini akan merugikannya untuk mengembangkan diri. Supaya hal itu tidak terjadi, biasakan menstimulasi anak agar mau bertanya.

Misalnya, Ibu sengaja membeli mesin pembersih baru di rumah. Tunjukkan pada anak hal tersebut. Tunggu sebentar agar ia mau bertanya seputar informasi alat tersebut. Jangan lupa untuk membiarkan ia mencoba. Hal ini bisa dilakukan pada hal apa saja, ya. Tidak cuma ketika membeli barang.

4. Beri Perhatian dan Kasih Sayang

Kepercayaan diri biasanya muncul ketika anak merasa aman dan nyaman dengan dirinya sendiri. Rasa tersebut bisa didapatkan dari kedua orang tua dan keluarganya. Untuk itu, Ibu jangan pernah luput perhatian terhadap anak.

Curahkan rasa kasih sayang setiap hari, supaya anak merasa dicintai. Dengan begitu, anak merasa diterima oleh keluarganya dan bisa menerima dirinya sendiri.

5. Berikan Anak Waktu Bermain

Ibu ingat, kebutuhan dasar anak adalah bermain. Itu sebabnya cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak salah satunya adalah bermain. Jangan sampai waktu bermainnya kurang sehingga ia menjadi mudah stres dan berujung terkena masalah mental lainnya.

Biarkan ia bermain dengan teman-teman sekitar lingkungan rumah pada sore hari. Bisa juga Ibu mengajaknya bermain di dalam rumah. Pastikan untuk melihat senyum dan tawanya setiap hari.

Itu tadi cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak. Jangan lupa untuk memberikan makanan bernutrisi agar aktivitasnya berjalan lancar. Berikan MILO 3in1 untuk mendukung perkembangan kognitif dan pertumbuhan anak.

Produk minuman ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

Manfaat vitamin A untuk kesehatan mata Aktivitas
Selain Baik untuk Kesehatan Mata, Ini Manfaat Lain dari Vitamin A!

Ibu tampaknya sudah banyak tahu soal manfaat vitamin A untuk menjaga kesehatan mata, baik untuk orang dewasa dan juga anak. Namun, selain untuk indera

menu makanan sehat Aktivitas
Menu Makan Sehat untuk Remaja Usia Sekolah. Sudah Tahu?

Penting bagi Ibu yang memiliki anak remaja usia sekolah (10-18 tahun) untuk memberikan asupan nutrisi seimbang dengan menu makanan sehat untuk

Makanan antioksidan tinggi Aktivitas
Makanan Antioksidan Tinggi yang Baik untuk Dikonsumsi Pada Pagi Hari

Saat melakukan aktivitas sehari-hari, anak-anak rentan terpapar radikal bebas. Apa bahayanya? Hal tersebut ternyata bisa menyebabkan kerusakan sel

Makan dulu atau olahraga dulu Aktivitas
Lebih Baik Makan Dulu atau Olahraga Dulu? Ini Penjelasannya

Nutrisi yang tepat adalah hal yang penting saat berolahraga. Tetapi, banyak orang seringkali bingung soal nutrisi saat berolahraga. Baik jenis

Susu yang bisa menambah tinggi badan Aktivitas
Cek Nutrisi Penting Susu yang Bisa Menambah Tinggi Badan

Indikator penting dalam tumbuh kembang anak ada dua, yakni berat badan dan tinggi badan.Tenaga kesehatan biasanya mengukur pertumbuhan si kecil dengan

Macam macam makanan yang mengandung kalsium Aktivitas
Macam-macam Makanan yang Mengandung Kalsium dan Baik untuk Bantu Penuhi Energi

Ibu perlu tahu bahwa kebutuhan makanan yang mengandung kalsium pada anak adalah hal yang penting. Ini karena kalsium adalah salah satu mineral yang

Manfaat vitamin C untuk tubuh Aktivitas
Ketahui 10 Manfaat Vitamin C untuk Tubuh Berikut Ini

Manfaat vitamin C bagi kesehatan tentu sudah tidak diragukan lagi. Itu sebabnya Ibu perlu memastikan makanan yang dikonsumsi anak tiap harinya

Kecerdasan intelektual pada anak Aktivitas
Hal-hal yang Mempengaruhi Kecerdasan Intelektual Pada Anak

Ibu perlu tahu kalau kecerdasan intelektual anak tidak hanya cuma oleh faktor keturunan (genetik), tapi juga faktor lingkungan ikut mempengaruhi. Itu

Cara meningkatkan imun tubuh Aktivitas
Cara Meningkatkan Imun Tubuh Bagi Kamu yang Aktif Berkegiatan

Saat sedang sibuk beraktivitas atau pergantian musim, seringkali tubuh kita jadi lebih mudah sakit. Itu sebabnya Ibu juga perlu mengedukasi anak

Selamat, Kamu mendapatkan ekstra 30 poin! Tonton video modul lainnya atau dapatkan ekstra 1 poin setiap Kamu menonton ulang.