17 November 2022

5 Cara Membangun Karakter Anak di Rumah

Bagikan Artikel:

Pastinya, Ibu ingin anak menjadi pribadi yang berkarakter pemimpin. Namun, hal tersebut tidak bisa terjadi secara instan. Anak memerlukan waktu secara bertahap untuk mendapatkan karakter tersebut. Bahkan, Ibu perlu tahu kalau membangun karakter anak harus dilakukan sedini mungkin, lho.

Pastinya, Ibu ingin anak menjadi pribadi yang berkarakter pemimpin. Namun, hal tersebut tidak bisa terjadi secara instan. Anak memerlukan waktu secara bertahap untuk mendapatkan karakter tersebut. Bahkan, Ibu perlu tahu kalau membangun karakter anak harus dilakukan sedini mungkin, lho.

Menurut laman Michigan State University, Amerika Serikat, anak usia 7-12 tahun akan mengalami perkembangan fisik, mental, emosional, dan sosial. Itu sebabnya peer pressure sangat diperhatikan anak. Jangan kaget saat melihat anak usia tersebut mengalami emosi yang berubah-ubah.

Saat itu juga, pembentukan karakter anak harus sudah dilakukan secara bertahap. Bagaimana cara membentuk karakter anak? Tentunya, membangun karakter anak tidak mudah. Perlu kesabaran kedua orang tua dan keluarga untuk melakukannya. Berikut beberapa tips yang bisa diberikan.

1. Mencari Momen Tepat

Membangun karakter anak juga harus mencari momen waktu yang tepat, lho. Pastikan anak memahami beberapa aturan yang ada di sekitarnya. Ketika ia melanggar, ini saatnya Ibu memberikan pemahaman. Misalnya, anak telat bangun pagi hal ini menyebabkan terlambat ke sekolah.

Saat itulah, Ibu memberi tahu soal konsekuensi yang didapat ketika hal tersebut. Anak jadi tak bisa masuk ke sekolah dan ketinggalan pelajaran. Dari pemahaman inilah pembangunan karakter anak dilakukan secara perlahan.

Baca Juga: 5 CARA MEMBANGUN KARAKTER ANAK YANG KUAT DAN PERCAYA DIRI

2. Menceritakan Pengalaman Hidup

Biasakan orang tua dan anak untuk bercerita. Ingat anak bagaikan kertas polos yang belum dituliskan dengan tinta. Ibu bisa menceritakan pengalaman pribadi yang masih terkait dengan masalah dialami anak.

Dari situ, Ibu bisa memberi tahu cara menghadapinya. Tentunya, momen sharing ini penting dilakukan supaya kedekatan anak dan orang tua semakin terjalin. Anak pun belajar beberapa hal dari pengalaman Ibu.

3. Menunjukkan Rasa Bangga

Setiap anak pastinya ingin diakui oleh orang tua dan orang-orang di sekitarnya. Membangun karakter anak bisa berawal dari membangun kepercayaan diri. Cobalah Ibu untuk memuji anak terhadap pencapaian yang didapat.

Hal ini menandakan Ibu bangga terhadap kerja keras anak. Ia pun merasa dihargai. Pastinya, nantinya anak akan semangat bekerja keras untuk mendapatkan rasa bangga Ibu.

4. Ajarkan Pengendalian Diri

Salah satu yang cukup sulit diajarkan saat membangun karakter anak adalah pengendalian diri. Hal ini karena Ibu pun masih dalam tahap terus belajar dalam melakukan ini.

Namun, ada baiknya Ibu juga perlahan mengajari anak hal tersebut. Anak harus mengetahui dasar-dasar pengendalian diri. Ini supaya ia tidak menjadi pribadi yang egois dan mau menang sendiri. Tahu di mana batasannya agar orang lain tidak merasa dirugikan.

Baca Juga: 6 CARA MEMBANGUN KARAKTER SALING MENGHORMATI DENGAN OLAHRAGA

5. Beri Peluang Berlatih

Tentu saja semua yang diajarkan orang tua dan guru di sekolah terkait karakter tidak bisa langsung diterapkan. Anak memerlukan waktu untuk berlatih juga. Ini supaya anak dapat menghasilkan karakternya dirinya sendiri dengan mengikuti ajaran-ajaran tersebut.

Itu tadi beberapa cara membangun karakter anak yang bisa Ibu lakukan. Lengkapi kebutuhan energi anak di pagi hari agar ia siap menjalankan aktivitasnya. Untuk melengkapi energi anak sekaligus memberikannya minuman dengan kandungan susu, berikanlah MILO 3in1.

Produk minuman ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Minuman coklat berenergi ini juga mengandung vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta kalsium, fosfor, dan zat besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

komposisi milokomposisi milo

Temukan

Resep Kreasi Milo

Ayo berkreasi dengan resep-resep menarik dari MILO untuk melengkapi energi dan nutrisi anak.

Artikel Lainnya

Tentang Aktivitas

5 Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Anak Aktivitas
5 Inspirasi Menu Makan Bergizi Seimbang untuk Bekal Anak

Tahukah Ibu kalau anak memerlukan sejumlah nutrisi untuk tumbuh kembang dan juga aktivitas hariannya? Itu sebabnya anak harus menyantap menu makan

Tak Cuma Fun, Ini 5 Manfaat Bermain Game Online Aktivitas
Tak Cuma Fun, Ini 5 Manfaat Bermain Game Online

Bermain games secara online biasanya bikin kamu terlihat seperti anak yang suka rebahan saja. Namun, sebenarnya manfaat bermain game online itu banyak

Esport adalah Olahraga yang Lagi Tren, Kamu Wajib Tahu 5 Jenisnya Aktivitas
Esport adalah Olahraga yang Lagi Tren, Kamu Wajib Tahu 5 Jenisnya

Kamu punya hobi bermain games di PC atau gadget setiap hari? Kayaknya kamu harus mulai mengasah skill permainanmu, deh. Siapa tahu kamu nantinya bisa

5 Cara Membangun Karakter Anak di Rumah Aktivitas
5 Cara Membangun Karakter Anak di Rumah

Pastinya, Ibu ingin anak menjadi pribadi yang berkarakter pemimpin. Namun, hal tersebut tidak bisa terjadi secara instan. Anak memerlukan waktu secara

Sangat Diperlukan, Ini 4 Manfaat Kalsium untuk Anak Aktivitas
Sangat Diperlukan, Ini 4 Manfaat Kalsium untuk Anak

Pastinya Ibu sering dengar kalau kalsium menjadi salah satu nutrisi yang dibutuhkan anak. Namun, apakah Ibu tahu apa manfaat kalsium bagi pertumbuhan

Jangan Terlewat, Ini 5 Fungsi Zinc Bagi Tubuh Aktivitas
Jangan Terlewat, Ini 5 Fungsi Zinc Bagi Tubuh

Ibu pastinya ingin aktivitas anak berjalan lancar tanpa gangguan. Namun, apa yang terjadi bila anak kekurangan salah satu nutrisi? Pastinya, daya

Jangan Terlewat, Ini 5 Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak Aktivitas
Jangan Terlewat, Ini 5 Kebutuhan Nutrisi yang Dibutuhkan Anak

Tahukah Ibu kalau memberi makanan dan minuman anak tidak boleh sembarangan. Apalagi saat anak Ibu sudah memasuki usia sekolah. Ada sejumlah kebutuhan

5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani Aktivitas
5 Cara Mendidik Anak Agar Mandiri dan Berani

Pernahkah Ibu melihat anak menangis karena tidak mau masuk kelas? Biasanya, ini terjadi karena ia tak ingin berpisah dari Ibunya. Hal selanjutnya yang

5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak yang Sederhana Aktivitas
5 Cara Menumbuhkan Rasa Percaya Diri pada Anak yang Sederhana

Kepercayaan diri ternyata menjadi bagian penting bagi tahap perkembangan anak. Melalui sikap tersebut, anak dapat eksplorasi hal baru. Namun,