makanan penambah daya ingat dan kecerdasan anakmakanan penambah daya ingat dan kecerdasan anak

5 Makanan Penambah Daya Ingat dan Kecerdasan untuk Perkembangan Anak

06 July 2022

facebook iconwhatsapp icon

Pastinya, semua Ibu ingin anak tumbuh cerdas dan sehat. Namun, kecerdasan anak bisa didapat dari belajar dan stimulasi yang diberikan Ibu sejak kecil. Selain itu, ada baiknya rutin menyantap sajian yang dianggap sebagai makanan agar anak cerdas.  Salah satu cara supaya anak menjadi cerdas adalah meningkatkan memori. Untuk itu, makanan penambah daya ingat perlu dikonsumsi. 

Selain berkontribusi sebagai penambah ingatan makanan yang tepat dapat memengaruhi konsentrasi serta kemampuan otak untuk berpikir. Pastikan makanan yang diberikan kepada anak adalah makanan yang tepat untuk meningkatkan memori. Berikut adalah makanan penambah daya ingat yang bisa dikonsumsi anak.

 

1. Telur

Telur bisa menjadi salah satu makanan untuk kecerdasan otak anak yang paling mudah didapat. Walaupun sering dikonsumsi sehari, tahukah Ibu apa saja kandungan nutrisi pada sebutir telur? Perlu Ibu ketahui, dalam sebutir telur terdapat Vitamin B6, B12, dan Asam Folat. 

Sejumlah kandungan ini sangat baik untuk kesehatan sel saraf dan juga perkembangan otak anak. Tak lupa, telur kaya akan Omega-3 yang tentunya memiliki peranan penting untuk kecerdasan dan daya ingat anak. Telur pun tergolong bahan makanan dengan harga terjangkau dan mudah diolah. 

 

2. Susu

Susu biasanya menjadi jalan ninja Ibu ketika kebutuhan nutrisi anak tampak belum terpenuhi dari menu makanan hariannya. Umumnya, produk susu sapi mengandung Vitamin B, Protein, Kalsium, Vitamin D, dan juga zat besi. Tentunya, pemberian susu secara rutin pada anak dapat memenuhi gizinya. 

Makanan olahan dari produk susu juga memiliki kandungan nutrisi yang kurang lebih sama. Sejumlah nutrisi membantu pertumbuhan jaringan otak, enzim, serta neurotransmitter. Selain itu, produk olahan susu juga mengandung karbohidrat yang bisa menjadi sumber energi otak.

 

3. Bayam

Bayam termasuk dalam sayuran berdaun hijau yang kaya akan senyawa oksidan. Misalnya, Vitamin C, Vitamin K, dan juga Asam Folat. Perlu Ibu tahu, antioksidan dan Vitamin C bertugas memperlambat adanya penurunan kemampuan kognitif anak. 

Sementara itu, Vitamin K dan Asam Folat bisa meningkatkan memori anak, mengurangi peradangan, serta meningkatkan sirkulasi darah ke otak. Itu sebabnya, bayam masuk dalam kategori  makanan penambah daya ingat. Selain bayam, brokoli, sawi, dan kale juga bisa menjadi pilihan Ibu. 

 

4. Ikan Kembung

Salah satu makanan penambah daya ingat anak lainnya adalah ikan kembung. Sebenarnya, bahan makanan ini masuk dalam jenis ikan laut, seperti salmon, tuna, dan juga sarden. 

Tentunya, ikan kembung kaya akan protein dan asam lemak Omega-3, terutama docosahexaenoic acid (DHA). Rutin mengonsumsi ikan kembung dapat memperkuat memori anak. Dianjurkan agar anak mengonsumsi ikan laut sebanyak dua kali dalam seminggu. 

 

5. Kacang Merah

Kadang-kadang anak kurang menyukai kacang merah atau red bean. Namun, jika Ibu menyajikannya bersama es krim vanila, anak akan berubah pikiran dan menjadi tertarik untuk menyantapnya. Tahukah Ibu kalau kacang merah termasuk dalam daftar  makanan penambah daya ingat? 

Menurut penelitian yang dimuat dalam the Journal of Nutrition, Health, and Aging, kacang-kacangan serta biji-bijian merupakan bahan makanan yang kaya akan asam lemak Omega-3 dan antioksidan. 

Dari penelitian tersebut ditemukan bahwa kebiasaan konsumsi kacang-kacangan memberikan dampak positif untuk fungsi otak ketika tua. Tanpa disadari, antioksidan dalam kacang merah berfungsi melindungi sel otak dari stres oksidatif. Jenis stres tersebut disebabkan oleh tubuh anak yang terpapar radikal bebas.

 

Selain dari makanan penambah daya ingat, Ibu juga bisa mendukung perkembangan otak anak dengan MILO 3in1 yang mengandung banyak nutrisi. Minuman coklat berenergi ini memiliki kandungan susu, cokelat, dan proses dua kali ekstrak malt menghasilkan energi alami di setiap butiran MILO. Susu MILO juga mengandung Vitamin B2, B3, B6, B12, C, dan D, serta Kalsium, Fosfor, dan Zat Besi untuk mendukung energi dan nutrisi anak di periode tumbuh aktif.

buy now image
BELI PRODUK MILO