Ingin Menyiapkan Minuman Dingin untuk Menu Buka Puasa Anak? Perhatikan Hal Berikut!

Supaya anak kembali berenergi setelah berpuasa seharian, Ibu bisa memberinya minuman dingin seperti es susu coklat sebagai menu buka puasa. Meski begitu, cara membuat minuman coklat dingin untuk menu buka puasa juga perlu diperhatikan. Dengan begitu, ia bisa tetap penuh energi untuk beraktivitas saat malam, seperti tarawih bersama keluarga, mengaji, bermain, hingga belajar.

1. Tidak Hanya Dingin, Tapi Juga Bernutrisi

Menurut dr. Asep Ahmad Munawar selaku Kepala Instalasi Gizi Rumah Sakit Hasan Sadikin (RSHS) Bandung, saat berpuasa, tubuh tidak mendapat asupan makanan yang biasanya dapat diolah menjadi energi. Oleh karena itu, asupan Protein saat berbuka sangat penting untuk mengembalikan energi tubuh yang hilang. Ini bisa Ibu lakukan dengan menyiapkan es susu cokelat saat berbuka, seperti MILO 3in1 dingin.

Tak hanya menyegarkan, MILO 3in1 yang diperkaya susu, ekstrak malt, dan cokelat ini juga mengandung Protein, Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D dan Zat Besi untuk membantu anak senantiasa aktif bergerak. Selain itu, cara membuat minuman coklat dingin ini juga mudah dan praktis, Bu.

2. Hindari Kombinasi Minuman Dingin dengan Hidangan Panas

Saat Ibu memberikan MILO 3in1 dingin untuk anak, sebaiknya tidak dibarengi dengan hidangan panas ya, Bu. Kebiasaan mengkombinasikan minuman dingin dengan hidangan panas juga berisiko buruk bagi kesehatan gigi anak.

Faktanya, lapisan dentin yang berfungsi melindungi mahkota gigi dapat melemah jika terkena perubahan suhu ekstrem. Ketika kesehatan gigi anak terganggu, ia rentan merasa tidak nyaman saat beraktivitas. Misalnya, ia rentan kesulitan berkonsentrasi saat belajar, sensitif ketika berinteraksi dengan teman maupun keluarga, hingga sulit beristirahat.

Baca Juga: Sederet Manfaat Minuman Coklat, Bisa Bantu Anak Atasi Gugup

3. Perhatikan Porsinya

Pastikan porsi asupan saat anak berbuka cukup atau sesuai dengan porsi normal saat ia tidak berpuasa. Porsi menu berbuka yang terlalu banyak justru dapat membuat tubuh jadi mudah mengantuk dan malas bergerak.

Anak yang kekenyangan juga umumnya tidak semangat untuk beraktivitas seperti biasa, Bu. Dikhawatirkan, hal ini akan menghambatnya untuk mengaji bersama keluarga, tarawih berjamaah di rumah, belajar untuk materi online learning esok hari, hingga enggan bermain dengan kakak atau adik.

4. Hindari Minuman Cokelat yang Tinggi Gula

Minuman es cokelat memang dapat memberikan sensasi menyegarkan, sehingga nikmat diminum saat berbuka. Namun, pastikan bahwa minuman cokelat yang Ibu siapkan kandungan gulanya tidak berlebihan.

Sebagai rekomendasi, Ibu bisa menyiapkan MILO 3in1 dingin yang 25% lebih rendah gula dibanding kemasan sebelumnya. Jadi, Ibu tak perlu khawatir anak mengonsumsi terlalu banyak gula. Apalagi, cara membuat minuman coklat dingin ini juga praktis karena cukup diseduh dengan air dan diberi es sesuai selera.

Nah, selain memastikan cara membuat minuman coklat dingin untuk melengkapi gizi anak selama puasa sudah tepat, Ibu juga bisa mengajak anak berolahraga ringan agar staminanya tetap terjaga. Contohnya, saat masa PSBB seperti sekarang ini, ajak ia sekedar lari di sekitar rumah, atau bantu bersihkan rumah seperti sapu dan pel. Cara ini juga bisa menciptakan waktu berkualitas bersama Ayah dan Ibu.

Jadi, apakah sang juara sudah siap untuk menjalani puasa di tahun ini? Mari berikan tambahan nutrisi pada anak untuk meningkatkan energinya selama puasa.