Yuk, Tetap Aktif dengan Ajak Anak Senam Aerobik

Melihat tumbuh kembang anak berjalan secara optimal tentu menjadi impian dari setiap Ibu. Nah, selain melengkapi kebutuhan nutrisinya dengan asupan sehat dan susu MILO kotak kecil, Ibu juga bisa mengajak anak aktif berolahraga. Tidak hanya olahraga bertim seperti sepakbola, basket, maupun futsal, anak juga bisa bergerak aktif dengan mengikuti senam aerobik. Meski bukan olahraga yang populer di sekolah, ada banyak manfaat senam aerobik untuk kesehatan tubuh anak. Yuk, simak manfaatnya berikut ini, Bu!

Apa Itu Aerobik?

Perlu dipahami bahwa aerobik tidak harus selalu berupa gerakan di tempat. Pada dasarnya, aerobik adalah olahraga yang dapat meningkatkan denyut jantung dan kecepatan pernapasan tubuh. Contohnya, olahraga seperti joging dan lompat tali juga terhitung sebagai gerakan aerobik. Oleh sebab itu, ketika melakukan aerobik, Ibu bisa tingkatkan energi anak dengan susu MILO kotak kecil.

Manfaat Aerobik untuk Anak

Gerakan aerobik efektif untuk melancarkan aliran darah ke seluruh tubuh. Jika dilakukan dengan tepat, gerakan aerobik dapat meningkatkan detak jantung anak, sehingga paru-paru menerima lebih banyak oksigen. Ini tentu sangat baik untuk kesehatan tubuh anak Bu, karena dapat meningkatkan kesehatan jantung, paru-paru, dan aliran darah anak secara bersamaan. Gerakan aerobik juga bisa menjadi solusi untuk mengatasi masalah kelebihan berat badan pada anak.

Durasi Ideal Aerobik untuk Anak

Ikatan Dokter Anak Indonesia (IDAI) menyarankan anak melakukan aktivitas fisik paling tidak 60 menit setiap harinya. Untuk anak yang belum terbiasa berolahraga, sebaiknya tidakperlu memaksakan aerobik 60 menit dalam satu waktu. Sebaiknya perpanjang durasi aerobik secara bertahap. Misalnya, pada minggu pertama, biarkan anak aerobik selama 15 menit, lalu 20 menit di minggu berikutnya, dan seterusnya. Jangan lupa juga untuk memenuhi kebutuhan energinya dengan memberikan susu MILO kotak kecil setelah berolahraga.
 
Sebagai permulaai, Ibu juga dapat mulai membiasakan anak olahraga aerobik setidaknya tiga kali dalam seminggu. Ketika tubuh Sang Juara sudah mulai terbiasa, barulah dapat ditingkatkan sebagai aktivitas rutin setiap harinya.
 

Gerakan Aerobik untuk Anak Usia 6-12 Tahun

Terlepas dari segala manfaatnya, gerakan aerobik sebaiknya disesuaikan dengan usia anak. Perlu dipahami bahwa kemampuan anak dalam mengikuti gerakan aerobik akan semakin baik ketika memasuki usia puber, yang umumnya terjadi dalam rentang usia 8 hingga 13 tahun.

1. Gerakan aerobik ideal untuk usia 6-9 tahun

Memasuki usia 6 hingga 9 tahun, anak akan semakin aktif bergerak. Hanya saja, pada usia ini kemampuan fisik anak belum berkembang secara maksimal. Namun, ia sedang memasuki tahap aktif dan semangat melakukan olahraga baru. Oleh karena itu, Ibu bisa kenalkan gerakan aerobik yang mudah untuk diikuti, seperti:

  • Permainan kejar lari
  • Mendaki halang rintang
  • Lompat tali
  • Karate
  • Sepeda
  • Jalan cepat
  • Berenang

2. Gerakan aerobik ideal untuk usia 10-12 tahun

Pada usia 10 hingga 12 tahun, anak sudah memasuki transisi usia remaja. Oleh karena itu, perkembangan motorik dan fisiknya sudah berjalan optimal. Memasuki usia ini, umumnya anak lebih menyukai olahraga tim. Oleh sebab itu, Ibu bisa mengajaknya melakukan gerakan aerobik seperti berikut:
  • Menari mengikuti koreografi
  • Sepak bola
  • Basket
  • Tenis
  • Lari atau Jogging

Baca Juga: Manfaat Lari untuk Kesehatan Emosional Anak

Selain melakukan rekomendasi olahraga aerobik di atas, Ibu juga bisa mengajak anak mengikuti gerakan MILOrobic Challenge yang mudah dan menyenangkan. Gerakan ini sangat cocok untuk membuat anak tetap aktif bergerak ketika di rumah. Selain itu, gerakannya juga mudah diikuti oleh Sang Juara dan anggota keluarga lainnya.

Ternyata ada banyak sekali ya, manfaat aerobik bagi kesehatan anak. Untuk membuat anak semangat dalam melakukan olahraga aerobik, Ibu bisa memberi Sang Juara susu MILO kotak kecil atau MILO UHT yang mengandung nutrisi penting seperti Kalsium dan Fosfor, serta Vitamin B Kompleks yang membantu meningkatkan energi anak setelah berolahraga. Selain itu, MILO UHT juga hadir dengan kemasan yang praktis, sehingga mudah dibawa sebagai bekal saat beraktivitas di luar rumah.

 

ARTIKEL LAINNYA