Inspirasi Bekal Piknik Anak yang Sehat & Praktis

Ketika sudah bisa beraktivitas di luar seperti biasa, pasti ada begitu banyak tempat yang ingin Ibu kunjungi bersama Sang Juara. Salah satu ide aktivitas menyenangkan yang bisa dijadikan momen kebersamaan bersama keluarga adalah piknik di taman. Supaya suasana piknik makin terasa, Ibu bisa buat bekal untuk piknik yang bergizi. Yuk, simak inspirasinya.

1. Roti Lapis atau Sandwich

Tidak hanya praktis, roti lapis juga memiliki manfaat yang baik guna memenuhi kebutuhan gizi anak. Faktanya, roti gandum kaya akan Vitamin B Kompleks yang dapat meningkatkan energi anak. Selain itu, Ibu juga bisa menambahkan sebutir telur sebagai sumber Protein yang baik untuk anak. Tambahkan juga irisan tomat dan selada sebagai asupan sayur yang kaya akan Vitamin C.

2. Nasi Kepal atau Onigiri

Menu makanan khas Jepang ini juga dapat menjadi pilihan bekal untuk piknik anak yang praktis dan sehat. Ini dikarenakan onigiri memiliki isian yang terdiri dari potongan daging        ayam atau ikan. Artinya, satu nasi kepal saja sudah mengandung Karbohidrat dan Protein sekaligus. Selain itu, rumput laut yang membungkus nasi kepal juga tinggi Kalsium. Bahkan    satu lembar rumput laut mengandung 60 mg Kalsium atau memenuhi sekitar 6% dari kebutuhan Kalsium harian anak.

3. Kimbap

Kimbab merupakan makanan khas Korea Selatan yang bergizi tinggi. Kimbap mengandung asupan sehat seperti nasi, daging, telur, jahe, dan sayur-sayuran. Dengan mengonsumsi Kimbap, anak telah mendapatkan asupan gizi lengkap mulai dari Karbohidrat, Protein, hingga Lemak. Selain itu, dalam Kimbap juga umumnya terdapat kimchi yang merupakan makanan hasil fermentasi, sehingga tinggi akan probiotik guna menjaga kesehatan sistem pencernaan anak.

 

4. Kentang Goreng

Menu bekal untuk piknik rasanya belum lengkap tanpa camilan kentang goreng. Menurut University of Maryland Medical Center, kentang kaya akan Vitamin B6 yang dapat menjaga kesehatan saraf otak anak. Untuk mendapatkan camilan kentang yang lebih sehat dan bebas pengawet, sebaiknya Ibu membuat sendiri kentang gorengnya ya, Bu.  

5. Popsicle atau Es Krim Stik

Sebagai menu dessert bekal untuk piknik, Ibu bisa siapkan es krim stik yang menyegarkan. Cara membuatnya pun mudah. Ibu cukup blender buah favorit anak hingga halus, kemudian masukan ke cetakan es krim stik, dan bekukan dalam freezer. Tunggu selama beberapa jam dan es krim siap disantap. Sebagai rekomendasi, Ibu juga bisa mengombinasikannya dengan yogurt agar tekstur es krim lebih lembut. Jangan lupa untuk menyimpannya dalam termos es atau thermal bag agar tidak mudah mencair saat dibawa piknik, ya.

6. Sate Buah

Pilihan menu makanan penutup lainnya adalah sate buah. Sate buah sangat cocok sebagai bekal untuk piknik karena buah-buahan memiliki kandungan air yang banyak, sehingga dapat membuat tubuh tetap segar meski beraktivitas di luar ruangan. Cara menyiapkannya mudah, cukup potong beberapa jenis buah-buahan membentuk dadu, setelah itu tusuk menyerupai sate. Sebagai pelengkap, tambahkan juga saus vla atau lelehan cokelat agar semakin lezat.

Baca Juga: Anak Tetap Aktif dengan Bermain Halang Rintang di Rumah

7. MILO UHT

Untuk mengembalikan energi anak selama beraktivitas di luar ruangan, jangan lupa bawa MILO UHT saat piknik ya, Bu. MILO UHT dengan ekstrak malt sebagai sumber energi yang baik dan kombinasi Vitamin B2, B3, dan B6 bantu mengubah Karbohidrat menjadi energi untuk mendukung aktivitas Sang Juara. Selain itu, MILO UHT juga memiliki kemasan yang praktis, sehingga mudah diminum ketika beraktivitas di luar ruangan. Jadi, meski anak asyik bermain bersama anggota keluarga, maupun berlarian ke sana-ke mari, ia bisa segera mengisi kembali energinya dengan MILO UHT.

 

MILO UHT dengan ekstrak malt sebagai sumber energi yang baik dan kombinasi Vitamin B2, B3, dan B6 membantu mengubah Karbohidrat menjadi energi untuk mendukung aktivitas Sang Juara.

Menyiapkan menu bekal untuk piknik bersama keluarga ternyata tidaklah sulit. Yuk, rencanakan piknik bersama keluarga setelah melewati masa di rumah saja. Dari tujuh menu bekal di atas, kira-kira mana yang jadi pilihan Ibu? Selamat mencoba, Bu!

 

ARTIKEL LAINNYA