6 Manfaat Lari untuk Fisik dan Mental Anak
Milo Activ Indonesia

Penting, Ini Tips Lari Menggunakan Masker

Ketika beraktivitas di luar ruangan, setiap orang harus memakai masker sebagai bagian dari protokol kesehatan. Lalu, bagaimana jika anak maupun anggota keluarga Ibu lainnya ingin berolahraga lari? Nah, pemakaian masker juga disarankan selama berlari, Bu. Selama tidak memaksakan diri dan dilakukan sesuai anjuran para ahli kesehatan, olahraga satu ini bisa tetap dilakukan. Ayo cari tahu bagaimana tips lari sambil menggunakan masker!

1. Perhatikan Jenis Masker yang Digunakan

Menurut Grayson Wickham, ahli kebugaran asal Amerika Serikat, tips lari yang nyaman saat menggunakan masker adalah memilih jenis atau bahan masker yang tepat. Sebaiknya gunakan masker yang terbuat dari bahan katun, polyester, atau spandeks karena tidak terlalu tebal. Jadi, sirkulasi udaranya lebih baik. Hindari menggunakan masker medis seperti N95 karena pasokan oksigennya lebih sedikit dibanding saat pakai masker kain, ya.

2. Sesuaikan dengan Kondisi Tubuh

Grayson Wickham juga menjelaskan bahwa penggunaan masker saat olahraga bisa membuat latihan fisik lebih berat dan gampang lelah. Hal ini wajar, mengingat udara yang masuk ke tubuh lebih sedikit karena terhalang masker. Pasokan oksigen yang berfungsi mengubah gula menjadi energi juga akan ikut berkurang sehingga tubuh cepat lemas dan kurang semangat. Oleh sebab itu, lihat kondisi tubuh anak saat berlari. Jika ia merasa pusing atau terlalu letih saat berlari, sebaiknya sarankan untuk istirahat dan tidak memaksakan diri.

3. Sesekali Melepas Masker

Tips lari selanjutnya adalah melepaskan masker, khususnya jika merasa sesak atau kesulitan bernapas. Tentu saja Sang Juara harus memperhatikan protokol kesehatan yang berlaku, ya. Lepaskan masker sesaat ketika berada di tempat sepi atau menjaga jarak setidaknya dua meter dari orang lain. Sugiyono Saputra, peneliti dari Pusat Penelitian Biologi LIPI, juga menyarankan untuk tidak menyentuh bagian depan masker karena kotor dan kemungkinan bervirus.

4. Perhatikan Intensitas Lari

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, olahraga lari menggunakan masker akan memengaruhi kadar oksigen yang masuk dalam tubuh, sehingga anak akan lebih mudah lelah. Oleh sebab itu, perhatikan intensitas saat berolahraga lari. Jika sudah lama tidak berolahraga, bisa mulai dari jalan santai selama 15 menit atau semampunya. Jika sudah terbiasa olahraga menggunakan masker, baru dapat menambah intensitasnya secara berkala.

5. Pastikan Anak Berenergi Saat Berlari

Selain empat tips lari di atas, Ibu juga perlu memastikan anak berenergi ketika berlari. Misalnya, memastikan ia makan makanan bergizi seimbang sekitar 2-3 jam sebelum lari. Setelah itu, sesampainya di rumah, sediakan segelas MILO 3in1 yang bisa membantu mengembalikan energi anak setelah berolahraga.

MILO 3in1 dengan ekstrak malt, susu, dan rasa cokelat yang lezat bisa disajikan dingin untuk membantu anak lebih segar setelah berolahraga. Diperkaya Vitamin B Kompleks, MILO 3in1 juga membantu mengisi kembali energi anak agar tetap aktif untuk raih lebih!

Nah, itulah lima tips lari agar tetap nyaman dan aman. Supaya olahraga lari lebih menyenangkan, Ibu juga bisa mengajak anggota keluarga untuk ikut MILO Indonesia Virtual Run kategori Family Run 3K. Bila ada anggota keluarga yang kondisi tubuhnya lebih prima dan terbiasa berlari, bisa ikut kategori Run 10K juga, lho. Jangan lupa untuk register di sini dan submit hasil larinya, ya. Semoga tips ini bermanfaat!

buy now image
BELI PRODUK MILO