Tips Menggiring dan Mengoper Bola

Ibu, olah raga itu banyak manfaatnya lho bagi kesehatan anak Ibu. Jadi, ajak dan dampingi anak ibu untuk berolah raga secara rutin dari usia dini. Olah raga apa sih yang paling banyak diminati anak? Jawabannya adalah sepak bola.

Kalau anak Ibu berusia 6-12 tahun, ada beberapa teknik dasar sepak bola yang bisa diajarkan seperti mengontrol, menggiring dan mengoper bola.

Menggiring Bola (Dribbling)

Menggiring bola atau dribbling adalah teknik pemain bola bergerak membawa bola saat menghadapi lawan Bu. Jadi Dribbling itu tujuannya untuk mendekati gawang dan melewati lawan.

Dribbling itu dapat dilakukan dengan beberapa bagian kaki, seperti kaki bagian dalam, luar, bawah, atau bagian punggung kaki. Dan kalau anak Ibu berusia 6-12 tahun sangat dianjurkan untuk melakukan dribbling dengan punggung kaki ya.

Simak cara melakukan dribbling yang benar :

  1. Anak Ibu berdiri dengan kaki kanan di depan seperti melangkah, berat tubuh pada kaki belakang dengan lutut sedikit ditekuk.
  2. Bola di depan kaki kanan dengan kedua lengan menjaga keseimbangan.
  3. Dorong bola ke depan secara perlahan menggunakan punggung kaki.
  4. Usahakan kaki selalu dekat dengan bola.

Ada beberapa hal yang anak Ibu harus perhatikan kalau melakukan dribbling, yaitu :

  1. Bisa dorong bola secara perlahan dengan langkah pendek.
  2. Bola harus berada di depan kaki tapi jangan jauh dari jangkauan.
  3. Pandangan mata tidak hanya tertuju pada bola, tapi juga memperhatikan posisi dan pergerakan teman satu tim dan lawan.

Mengoper Bola (Passing)

Mengoper bola atau passing itu adalah teknik memberikan bola pada teman satu tim. Teknik ini ternyata paling penting dalam bermain sepak bola Bu. Karena dengan melakukan passing, memungkinkan satu tim tetap dapat menguasai bola, mengubah arah permainan, atau menyusun serangan.

Untuk anak usia 6-12 tahun, teknik passing sangat dianjurkan menggunakan kaki bagian dalam karena arah bola akan sangat baik dan dapat mudah diterima teman satu tim. Beberapa hal yang harus diperhatikan anak Ibu dalam melakukan passing yaitu :

  1. Kaki di samping bola dan kaki diayunkan dari belakang ke depan.
  2. Tendang bola bagian tengahnya. Saat kaki bersentuhan dengan bola, mata harus ke bola.
  3. Setelah bola ditendang, kaki tetap melanjutkan ayunannya. 

Agar anak Ibu dapat meningkatkan teknik menggiring dan mengoper bolanya, tidak hanya diperlukan latihan yang rutin dan berkelanjutan ya, dia juga harus melakukan teknik dengan benar lho Bu. Selamat berlatih ya untuk anak Ibu!

 

Prepared by : Aldi Iqbal Tawakal edited by Sari Sunda Bulan