Menangkan Puasa Penuh Energi

MRM – MILO – Artikel Ramadan

 

Tips agar Anak Tetap Aktif untuk #MenangkanPuasa Penuh Energi

 

Tahukah, Ibu? Anak memerlukan kebutuhan energi yang sama, baik saat puasa maupun tidak. Akan tetapi, saat puasa, energi yang masuk melalui asupan makanan dan minuman rentan tidak seimbang dengan energi yang dikeluarkan karena ia tidak diperbolehkan makan dan minum sejak waktu Imsak hingga Magrib tiba. Hal ini menyebabkan anak rentan merasa lemas saat menjalani berbagai aktivitasnya, mulai dari sekolah hingga mengikuti kegiatan lain seperti les dan ekskul. Untuk itu, Ibu bisa membantu anak tetap aktif dan #MenangkanPuasa penuh energi. Bagaimana caranya? Simak tipsnya berikut!

 

  1. Penuhi Asupan Gizi Seimbang Anak Ketika Sahur

Berdasarkan rekomendasi Kemenkes RI, anak usia 7-9 tahun memerlukan energi sebanyak 1.850 kkal per hari. Sementara, anak perempuan usia 10-12 tahun membutuhkan asupan energi 2.000 kkal per hari, dan anak laki-laki di usia sama perlu mencukupi kebutuhan energi sebanyak 2.100 kkal setiap harinya.

Nah, kebutuhan energi ini dapat dipenuhi dengan memberikan asupan gizi seimbang, yang terdiri dari makanan pokok, lauk-pauk, dan buah saat sahur. Misalnya, nasi dengan sepotong ayam panggang, semangkuk sayur bayam, dan sebuah jeruk. Lengkapi juga kebutuhan energinya dengan segelas MILO ActivGo hangat, Bu. Minuman yang dikonsumsi dalam keadaan hangat membantu memberikan anak rasa nyaman bagi anak.

MILO dengan kandungan gula 25%* lebih rendah, menjadi pilihan yang lebih sehat. Meskipun kandungan gulanya lebih rendah, kandungan Malt dan Kakao-nya lebih tinggi*, sehingga rasa MILO-nya lebih nendang. Kandungan Vitamin dan Mineral dalam MILO juga lebih tinggi*, sehingga dapat membantu memenuhi kebutuhan energi harian anak aktif saat berpuasa.

 

  1. Berikan Anak Waktu Istirahat Siang

Setelah aktif berkegiatan di sekolah, tak ada salahnya memberikan anak waktu istirahat ketika ia pulang ke rumah. Dengan begitu, tubuh dan pikirannya dapat diistirahatkan sejenak, agar ia bisa tetap aktif dan kuat puasa hingga jam berbuka. Jadi, setelah ia membersihkan tubuh dan mengganti pakaian, Ibu bisa menyarankan anak untuk tidur siang selama 30-60 menit sepulang sekolah.

 

  1. Optimalkan Aktivitas Sepulang Sekolah pada Sore Hari

Bu, berapa banyak kegiatan anak setelah pulang sekolah? Umumnya, anak sekolah dasar memiliki beberapa kegiatan rutin, seperti bimbel, ekskul, hingga aktivitas keagamaan. Untuk membantu anak mengatur energi yang keluar ketika puasa, usahakan aktivitas sepulang sekolah tersebut dilakukan pada sore hari atau setelah anak tidur siang. Mengapa demikian?

Hal ini untuk mencegah anak kelelahan karena aktivitasnya terlalu padat pada siang hari. Apalagi, kemungkinan anak berkeringat lebih tinggi pada siang hari, sehingga rentan mengalami dehidrasi, Bu.

 

  1. Siapkan Makanan dan Minuman Bergizi Saat Berbuka

Nah, saat jam berbuka tiba, saatnya #MenangkanPuasa Penuh Energi. Selain menyiapkan air putih dan kurma, Ibu dapat menyajikan MILO 3in1 dingin. Jadi, kebutuhan energi harian anak terpenuhi kembali, sehingga bisa tetap melakukan aktivitas lain di malam hari. Mulai dari tarawih, mengaji, hingga belajar dan mengerjakan PR.

MILO 3in1 memang lebih nikmat disajikan dingin. Sebagai inspirasi, Ibu bisa menyajikan MILO Cookies & Cream, MILO Cincau, dan MILO Dinasour yang resepnya dapat dilihat di Instagram Milo Indonesia.

Dengan gula 25%* lebih rendah, MILO 3in1 menjadi pilihan yang lebih sehat. Meskipun gulanya lebih rendah, kandungan Malt dan Kakao-nya lebih tinggi*, sehingga rasa MILO-nya lebih nendang. Kandungan Vitamin dan Mineral dalam MILO juga lebih tinggi*, sehingga dapat membantu mengisi kembali kebutuhan energi harian anak setelah seharian berpuasa.

Bila anak berencana buka bersama teman-temannya di luar rumah, Ibu dapat membekalinya dengan sekotak MILO UHT 190ml. Dengan kemasan MILO UHT 190ml yang praktis dan siap minum, Ibu dapat membantu kebutuhan energi anak tetap tercukupi meski ia berbuka puasa di luar rumah.

 

Itulah keempat tips yang bisa Ibu lakukan agar anak tetap aktif saat berpuasa. Semoga anak bisa lebih aktif dan #MenangkanPuasa penuh energi, ya!