4 Cara untuk Bantu Anak Percaya Diri dengan Olahraga

Bu, salah satu faktor yang dapat membantu anak sukses dalam segala bidang adalah ketika ia memiliki kepercayaan diri yang tinggi. Kepercayaan diri dapat membuat anak termotivasi melakukan hal lebih, karena ia tahu bahwa ia mampu. Nah, salah satu cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak adalah melalui kegiatan olahraga.

Pasalnya, ada beberapa hal yang bisa Ibu lakukan untuk bantu anak percaya diri selama ia melakukan kegiatan olahraga. Berikut di antaranya:

1. Hindari Membandingkan Kemampuan Anak

Mungkin maksud Ibu baik dengan membandingkan kemampuan anak agar ia lebih terpacu untuk unggul dalam kegiatan olahraga. Namun, anggapan ini sebenarnya kurang tepat, Bu. Ketika anak terbiasa dibandingkan, ia akan berpikir bahwa anak-anak lain selalu lebih baik dari padanya. Ia pun bisa rendah diri dan merasa tidak unggul dalam hal apa pun.

Sebaliknya, salah satu cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak adalah puji ketika ia berprestasi atau bahkan kalah pertandingan olahraga. Pastikan bahwa Ibu menunjukkan rasa bangga karena ia telah berusaha melakukan yang terbaik. 

2. Biarkan Anak Menghadapi Ketakutannya

Sebagai orangtua, tentu Ibu ingin selalu melindungi anak dari ketakutannya. Namun, hal ini sebenarnya tidak selalu baik karena dapat membuat anak merasa kurang percaya diri ketika berinteraksi dengan orang lain saat jauh dari pengawasan Ibu.

Justru Ibu harus ajarkan anak bagaimana cara menghadapi ketakutannya. Misalnya, bila ia tidak mau ikut pertandingan olahraga karena takut kalah, Ibu bisa jelaskan bahwa anak tidak perlu fokus pada menang atau kalah. Hal yang paling penting adalah melakukan yang terbaik dan bersenang-senang dengan teman satu timnya.

3. Bantu Anak Berhenti Memikirkan Pendapat Orang Lain

Cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak selanjutnya adalah ajarkan ia untuk berhenti memikirkan pendapat orang lain. Terkadang, anak takut untuk mencoba suatu jenis olahraga karena takut dianggap buruk oleh teman-temannya. Di sinilah pentingnya peran Ibu dalam menumbuhkan rasa percaya dirinya.

Ajarkan anak bahwa yang bisa ia lakukan adalah fokus pada pikiran dan perbuatannya sendiri. Lakukan yang terbaik dan jika ada yang berpikir buruk tentangnya, jadikan itu motivasi untuk berlatih lebih keras. Ketika Ibu bisa mengubah pemikiran ini, anak akan lebih semangat dan percaya diri melakukan kegiatan olahraga di sekolah.

4. Ajar Anak Belajar dari Kesalahan

Mendukung anak baik ketika ia kalah ataupun menang saat pertandingan olahraga memang sangat penting untuk dilakukan. Namun, Ibu tetap harus ajarkan anak belajar dari kesalahan. Bukan berarti menyudutkan anak ketika ia kalah ya, Bu. Ajarkan ia mulai memahami konsep bahwa kekalahan adalah konsekuensi dari kesalahan. Untuk itu, dari pada sedih dan kehilangan percaya diri, lebih baik bersyukur karena kekalahan ini justru bisa jadi pembelajaran agar sukses di kemudian hari.

Baca Juga: Sederet Manfaat Minuman Coklat: Bisa Bantu Anak Atasi Gugup

Semoga cara menumbuhkan rasa percaya diri pada anak di atas bisa membantu Ibu dalam membangun karakter sang Juara, ya. Untuk mendukung anak tetap aktif berolahraga, Ibu perlu penuhi kebutuhan nutrisinya dengan asupan bergizi seimbang. Salah satunya dengan menyiapkan MILO 3in1 usai berolahraga atau berbuka puasa.

MILO 3in1 kaya akan kandungan Vitamin B Kompleks dan Mineral yang dapat membantu mengembalikan energi anak baik setelah berolahraga ataupun berpuasa. Tidak hanya bergizi, MILO 3in1 juga memiliki penyajian yang praktis dan kandungan nutrisi lengkap. Mulai dari kebaikan malt, kakao, dan susu bisa Sang Juara dapatkan dalam segelas MILO 3in1.