5 Nutrisi dari Susu Coklat yang Baik Diminum Setelah Olahraga!

Memasuki usia sekolah, biasanya anak mulai aktif berolahraga. Lalu, apa aktivitas olahraga favoritnya, Bu? Apapun jenis aktivitas fisik kesukaan anak, tentu Ibu perlu memenuhi kebutuhan nutrisi serta tenaga hariannya, melalui makanan yang sehat dan bergizi. Selain dari makanan, Ibu bisa menyajikan susu coklat  seperti MILO 3in1 sebagai pelengkap asupan nutrisi yang baik setelah olahraga. Mengapa demikian?

Menurut studi yang dilakukan di McMaster University Kanada, susu memiliki kandungan Protein, Karbohidrat, Kalsium, dan Elektrolit sehingga baik dikonsumsi anak setelah olahraga dibandingkan hanya minum air putih. Untuk mengerti kandungan serta manfaat yang ada dalam susu coklat, Ibu bisa pelajari beberapa poin di bawah ini.

 

1. Vitamin B Kompleks

Vitamin B Kompleks adalah kumpulan nutrisi penting yang terkandung dalam susu. Beberapa yang termasuk dalam anggota Vitamin ini adalah B1, B2, B3, B5, B6, B7, B9, dan B12. Kumpulan Vitamin B ini memiliki fungsi penting dalam mengubah karbohidrat menjadi glukosa yang pada akhirnya akan menjadi sumber energi anak. Selain itu, Vitamin B Kompleks juga mampu meningkatkan proses metabolisme tubuh, sehingga anak dapat terus bersemangat dan tidak mudah terserang penyakit.

 

2. Kakao

Kakao murni yang larut dalam susu coklat memiliki banyak manfaat bagi tubuh anak. Faktanya, kakao atau cokelat kaya akan kandungan Kalori, Magnesium, dan Kafein, sehingga dapat mengembalikan energi anak setelah lelah berolahraga. Menariknya lagi, Kakao juga bisa memengaruhi suasana hati anak menjadi lebih positif dan fokus lho, Bu! Sebab, zat aktif dalam kandungan cokelat bisa meningkatkan senyawa kimia dalam tubuh yang membuat anak merasa bahagia.

 

3. Kalsium

Kalsium dalam susu coklat menjadi salah satu mineral penting guna mendukung pertumbuhan tulang anak. Selain itu, kandungan ini juga bermanfaat untuk meningkatkan metabolisme tubuh. Oleh karena itu, ketika minum susu coklat yang kaya akan Kalsium, anak akan merasa lebih bertenaga dan sehat.

 

Baca juga: 4 Alasan Anak Lebih Suka Minuman Dingin seperti Es Susu Coklat

 

4. Zat Besi

Zat Besi berfungsi untuk membentuk hemoglobin atau bagian penting dari sel darah merah. Hemoglobin ini kemudian bertugas mengalirkan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Nah, inilah alasan Zat Besi sangat penting dikonsumsi anak setelah olahraga. Saat berolahraga, tubuh memerlukan oksigen 15 kali lebih banyak dari biasanya. Di sinilah peran penting Zat Besi dalam susu coklat untuk meningkatkan kadar oksigen dalam tubuh.

 

5. Vitamin C

Serupa dengan Kakao, kandungan Vitamin C juga berperan penting dalam menjaga kadar testosteron dan menurunkan hormon stres pada tubuh. Sehingga anak lebih positif dan merasa bahagia. Tidak hanya itu, kandungan ini juga dapat menjaga massa otot dan pencegah peradangan sendi setelah anak berolahraga, Bu!

 

6. Vitamin D

Selain baik untuk menunjang kesehatan otak, Vitamin D juga terbukti mampu meningkatkan energi anak. Menurut penelitian dari European Journal of Preventive Cardiology menemukan bahwa asupan VItamin D yang tinggi dapat meningkatkan kapasitas olahraga anak dan menurunkan risiko terjadinya penyakit jantung.

 

Ternyata ada banyak sekali ya Bu, manfaat susu coklat bagi anak khususnya setelah berolahraga. Perlu diingat juga, untuk manfaat optimal, sebaiknya konsumsi susu pada porsi yang tepat. Sebagai rekomendasi, Ibu bisa menyajikan segelas MILO 3in1 ketika pagi hari sebagai pelengkap sarapan, siang hari setelah pulang sekolah, dan malam ketika akan tidur. Dengan begitu, manfaat susu coklat dapat diperoleh Sang Juara dengan lebih optimal.

MILO 3in1 diperkaya ekstrak malt, susu, serta kakao memberikan rasa cokelat yang disukai anak. Dilengkapi Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Kalsium, tinggi Zat Besi, serta nutrisi penting lainnya, MILO 3in1 membantu anak tetap aktif dan penuh energi untuk raih lebih!

 

ARTIKEL LAINNYA