Cara Menyimpan Bubuk Minuman Coklat Anak Agar Nutrisinya Terjaga

Ibu tentu setuju bahwa beda jenis makanan, berbeda pula cara penyimpanannya. Ini juga berlaku untuk penyimpanan bubuk minuman coklat anak, Bu. Supaya bubuk coklat yang kemasannya sudah dibuka tetap terjaga kualitasnya, Ibu dapat melakukan hal berikut. Jadi, anak bisa terus aktif dan berenergi karena memperoleh manfaat optimal dari minuman coklat yang Ibu seduh dan sajikan setiap hari.

1. Simpan Dalam Wadah Tertutup dan Kedap Udara

Setelah membuka kemasan bubuk minuman coklat, pastikan untuk menyimpannya dalam wadah yang tertutup rapat, ya. Wadah yang tidak rapat dapat membuat  bubuk minuman coklat anak menjadi lebih mudah basi atau kedaluwarsa sebelum waktunya.

Oleh sebab itu, setelah membuka kemasan MILO ActivGo, pastikan Ibu melipat bagian atas kemasan beberapa kali, lalu menyimpannya dalam wadah yang rapat dan kedap udara. Hal ini untuk memastikan kualitas bubuk minuman coklat tetap terjaga.

2. Simpan Dalam Wadah Bersih

Saat Ibu akan menyimpan cokelat bubuk anak ke wadah lain, pastikan wadahnya bersih dan tidak berbau ya, Bu. Perlu Ibu ketahui bahwa bubuk cokelat dapat menyerap bau dari udara, sehingga bisa mengubah aroma dan rasanya menjadi kurang lezat. Selain itu, wadah yang kurang bersih juga dapat menjadi media bagi bakteri untuk berkembang biak dan membuat bubuk cokelat lebih cepat rusak.

3. Simpan Dalam Tempat Sejuk dan Kering

Hindari meletakkan bubuk minuman coklat anak di bawah sinar matahari langsung, atau dekat dengan kompor dan oven. Tempat yang panas dapat meningkatkan suhu dalam kemasan serta mempermudah bakteri jahat tumbuh.

Meski begitu, sebaiknya tidak menyimpan bubuk minuman coklat di dalam kulkas, sebab dapat membuat bubuk menggumpal. Baiknya, simpan di tempat yang sejuk, atau sekitar 13-24°C. Sebagai rekomendasi, Ibu bisa menyimpannya di kabinet dapur yang terlindung dari paparan sinar matahari.

4. Gunakan Sendok Bersih dan Kering

Pastikan Ibu menggunakan sendok bersih dan kering, ya. Jika terkena air, bubuk dalam kemasan bisa menggumpal karena mengalami proses oksidasi. Proses penguraian ini dapat memengaruhi nutrisi yang terkandung dalam bubuk minuman coklat. Anak pun tidak bisa mendapatkan nutrisi optimal darinya.

5. Perhatikan Masa Kedaluwarsa

Terakhir dan paling penting, jangan lupa cek masa kedaluwarsa bubuk minuman coklat sebelum menyajikannya untuk anak. Ada baiknya jika bubuk minuman coklat dihabiskan dalam jangka waktu enam bulan, guna mencegah bakteri tumbuh. Jika masa kedaluwarsa masih panjang namun telah terjadi perubahan aroma, warna, maupun tekstur, sebaiknya tidak diberikan pada anak ya, Bu.

Baca Juga: Minuman Coklat dan Asupan Lain agar Anak Tetap Aktif di Rumah

Pentingnya Menyimpan Bubuk Minuman Coklat dengan Benar

Kandungan dalam bubuk minuman coklat bermanfaat guna meningkatkan energi dan menjaga daya tahan tubuh anak. Namun, penyimpanan yang kurang tepat justru dapat meningkatkan risiko berikut:

Sekarang Ibu lebih tahu bagaimana cara menyimpan bubuk minuman coklat yang benar agar nutrisinya tetap terjaga, bukan? Jadi, saat Ibu memberikan MILO ActivGo sebagai pelengkap nutrisi anak, ia akan mendapatkan manfaat optimalnya.

Dengan ekstrak malt dan rasa cokelat yang lezat, MILO ActivGo bantu mengisi kembali energi anak agar tetap aktif. MILO ActivGo juga diperkaya Vitamin B Kompleks, Vitamin C, Vitamin D, Kalsium, serta tinggi Zat Besi. Dengan begitu, ia bisa belajar dengan optimal karena nutrisinya terpenuhi, juga aktif berolahraga dengan penuh energi. Tak hanya itu, ia juga tetap berenergi untuk bermain dan melakukan aktivitas favoritnya.